Perbedaan

Apa yang terlintas di pikiran kalian jika membicarakan tentang perbedaan? Gender? Ras? Agama?
Dalam hidup, ada satu kata yang ketika diucapkan atau terlintas dalam pikiran, kita langsung mengasosiasikannya dengan sesuatu. Begitu juga dengan perbedaan, kita pasti punya ingatan masing-masing tentang perbedaan.
Perbedaan itu mutlak adanya yang telah diciptakan Allah agar kita saling mengenal. Tanpa adanya perbedaan, tidak ada indah dalam hidup ini, absennya perbedaan mengakibatkan kebosanan, menurut hemat saya tentunya.
Namun juga tak jarang perbedaan melahirkan masalah sebagai bentuk egoisme manusia sebagai makhluk. Atau juga kadang perbedaan itu mendatangkan kegalauan untuk bersikap dan mengambil keputusan tentang masa depan.
Perbedaan sebenarnya mengkayakan pandangan kita, harusnya membuat kita lebih bersyukur lagi terhadap apa yang sudah kita dapatkan saat ini. Ada kalanya perbedaan dapat meruntuhkan jembatan yang telah ada, namun tak jarang menghancurkan dinding tinggi di antaranya.
Apapun itu, siapapun kita, pasti pernah berurusan dengan perbedaan baik itu masalah sepele maupun masalah yang membuat tidur tak tenang berbulan-bulan hingga tak jarang mengurangi kadar lemak di badan.
Semoga kehadiran perbedaan dalam hidup kita lebih banyak memberi keindahan dengan warna-warni yang dilukisnya sehingga kebahagiaan akan lebih terlihat daripada kesedihan yang muncul karenanya.

Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja