5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari ni dek Ann cukuplah untuk dibilang kayak setrikaan bolak balik di atas jalan dari pagi saat matahari masih sedikit malu2, kemudian siang saat matahari sedang garang2nya, hingga magrib saat matahari sudah berganti bulan. Banyak tempat dgn tujuannya masing2 dek Ann kunjungi, salah satunya yg akan dek Ann bahas adalah : Rumah Sakit Jiwa.

Salah satu tempat untuk membuat surat keterangan bebas narkoba adalah di RSJ. Ternyata cukup cepat prosesnya, tak perlu lama menunggu. Berikut tahapan2nya:

1. Pergi ke RSJ di Lamprit..hehe..yaiyalah.. Udah pada tau kan tempatnya, di ujung belokan jalan samping RSUDZA.
Oya, pastikan kalian membawa barang2 berikut:
-uang yg cukup
-pas foto warna 3*4 2 lbr
-hand sanitizer dan tissu

2. Parkir kendaraan (jika kalian membawa kendaraan pribadi) lalu masuk ke poliklinik. Kalian dilarang membawa masuk kendaraan ke dalam gedung poliklinik, jd cukup parkirkan di luar gedung ya.

3. Temui petugas di bagian rekam medis. Terletak di sebelah kanan. Di sana kalian akan diminta untuk melengkapi formulir dan membayar biaya pembuatan surat tsb sebesar Rp102.500,00 dengan rincian terlampir.
Di ruang ini kalian akan diberi kuitansi pembayaran dan kartu khusus.

4. Bawa kartu tadi ke laboratorium dan serahkan ke petugas di sana. Di lab, kalian akan diberi botol plastik kecil untuk menampung urin. Kalian diminta untuk mengisi botol tsb hingga 20ml. Setelah selesai, hasil uji zat2 di urin akan diisikan di kartu tadi dan kalian diminta menuju ke ruang sebelahnya dibagian poli.

5. Di bagian poli, data kalian di kartu td akan diketik dengan komputer dan sembari menunggu selesai, kalian dipersilahkan menunggu sejenak di kursi yg telah disediakan.
Tunggu hingga nama kalian dipanggil. Saat giliran tiba, kalian diminta menyerahkan pas foto 3*4 2lbr utk ditempelkan di surat tsb. Setelah itu ada cap sidik jari (jari manis, tengah, dan telunjuk) kiri di foto kalian tapi jangan kena bagian dagu wajah.
Tekan yg kuat agar tintanya melekat dengan terang dan bagus.

Tips: setelah selesai cap, segera bersihkan jari dengan hand sanitizer dan tissu biar nggak lengket kmana2 tu tinta. Yg suka poto boleh deh dipoto dulu sebagau tanda aktivitas kalian dan diupload ke Path. Hahahaha.. dek Ann ga sempat td.. :p

6. Fotokopi surat yg sudah diketik itu sebanyak 5 lbr. Di dekat RSJ ada potokopi kok, keluar dan di sebelah kanan jalan ada kedai kecil yg menyediakan jasa print, fotokopi, dan ATK. Abang yg kerja dipotokopi itu juga tau bagaimana harus mengkopinya. Disini kalian harus mengeluarkan biaya sebesar Rp2.000,00

5. Kembali ke RSJ dan bawa hasil kopian dan asli ke ruang administrasi yg terletak di gedung yg berbeda. Letaknya di depan poa satpam. Saat masuk gedung, tanya saja ke resepsionisnya dimana ruang adm jika belum tau atau utk basa basi saja jika sudah tau. Ruang adm ada di sebelah kiri pintu masuk.
Di sini dokumen kalian akan dilegalisasi dengan stempel basah dan tanda tangan petugas adm. Satu lembar asli sebagai pertinggal di RSJ utk pencatatan adm surat keluar.

Dan.. selesai... kalian sudah sampai finish dan silakan menuju tempat selanjutnya di list of errands nya kalian..

General tips:
- tersenyum
- jangan bawa makanan yg terlihat. Ada pasien2 RSJ yg memang dibiarkan keluar kamar, biasanya mereka akan menguber kalian jika tau kalian membawa makanan hingga kalian membaginya ke mereka. Oke kalo kooperatif, tp kalo misalnya kumat kan bahaya.

Oke, segitu saja ya! Gampang dan cepat asal kita mau sabar dan menunggu.


Posted via Blogaway

Comments

  1. Terimakasih ana, postingan sangat membantu dan menghibur. Haha

    ReplyDelete
  2. Selain rsj . Rumah sakit mana lagi atau klinik yg menyediakan pembuatan surat bebas narkoba ?

    ReplyDelete
  3. biayanya udah naik tahun 2017, jadi Rp. 300.000,- (gak kira2 naiknya)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. bisa ya buat surat narkoba di RSJ

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

Hari Pertama Kerja