Belajar dari Lebah

Tadi sore saat mau olahraga seperti biasa, dek Ann samar2 dengar ceramah yang diputar di meunasah desa. Ceramah lama dan kayaknya udah pernah diputar beberapa kali, tapi baru kali ini dek Ann dengar utuh satu bagiannya. Hehe... Ceramahnya sih panjang dan bahasan yang akan dek Ann tulis kali ini cuma pengantar dari ceramah itu, tapi dek Ann rasa cukup bermanfaat dan dek Ann jadi paham kalau lebah sangat pantas diabadikan namanya sebagai salah satu nama surat dalam al-Quran yaitu an-Nahl.
Jadi, begini ceramahnya...

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lebah, sebagai makhluk ciptaan Allaah, setidaknya punya 4 sifat unggul yang patut kita teladani, apa saja?

1. Lebah Selalu Makan Sari Bunga
Pelajarannya adalah: lebah selalu makan bagian terbaik dari makanannya. Sebagai muslim pun kita harus memilih makanan yang terbaik bagi kita, yaitu makanan halaalan thayyiban, yang bermanfaat bagi tubuh dan diperoleh dengan cara yang halal.

2. Lebah Memproduksi Madu
Madu itu banyak khasiatnya, rasanya pun manis. Begitulah seharusnya kita dalam berbicara, produksilah perkataan yang manis dan bermanfaat bagi orang lain, jujur, dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

3. Kehadiran Lebah tidak Mematahkan Ranting yang Dihinggapinya
Saat mencari nektar, lebah hinggap di batang atau ranting tanaman tanpa membuatnya patah. Kehadiran kita di lingkungan mana pun bagusnya juga mencontoh sang lebah, tidak merusak lingkungan sekitar, tidak menyusahkan orang lain.

4. Kalau diusik, Lebah akan Mengejar Pelakunya kemanapun
Mengejar pengusiknya, bukan berarti berbuat makar, akan tetapi disitulah letak ketangguhan lebah untuk mempertahankan eksistensinya. Kitapun harusnya demikian, kita berbuat baik memang harus, namun saat harga diri kita diusik, jangan takut dan gentar untuk membela diri jika memang berada dalam kebenaran. Musuh memang tidak dicari, namun saat musuh menyerang, jangan lari.

Demikian kuliah lebah yang sempat dek Ann simpulkan... semoga bermanfaat ya!



Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja