5 Tips Belajar di Kampung Inggris

Adalah desa Tulungrejo dan Pelem yg kemudian lebih dikenal dengan Kampung Inggris. Disebut demikian karena memang dua desa di kecamatan Pare kabupaten Kediri ini menyediakan begitu banyak tempat kursus bahasa, mainly English dengan berbagai macam pilihan skill dan level, dari speaking dasar hingga persiapan test international English seperti TOEFL dan IELTS. Tak hanya itu, kampung ini juga menyediakan jasa dan fasilitas pendukung pendatang untuk belajar dengan nyaman di sana seperti penginapan, akomodasi, laundry, warung makan dan banyak lagi.

-----------------------------

Tapi yg ingin dek Ann bahas kali ini adalah bukan tentang detil kampung inggris, itu td hanya pengantar yang kalau kalian ingin tau lebih lanjut silahkan googling saja, kunjungi website2nya, atau datang langsung ke sana.
Pembahasan dek Ann kali ini terkait pengalaman dek Ann di sana. Mengenai tujuan kita ke sana.

Setidaknya ada 3 alasan utama kenapa orang-orang mengunjungi kampung inggris, yaitu:

#belajar bahasa Inggris
#liburan
#reuni

Untuk alasan liburan dan reuni dek Ann rasa tidak perlu lah terlalu dibahas di sini, itu hak prerogatif masing2 untuk mau melakukan apa dan berapa lama di Pare. As long as masih cukup dana dan tidak melanggar norma, do what you wanna do.. :)

Nah, yg menjadikan dek Ann ingin menulis dan berbagi pengalaman adalah tentang tujuan pertama ke sana, belajar bahasa Inggris. Dek Ann rasa ini penting karena bukan hanya pengalaman dek Ann sendiri tapi juga pengamatan dek Ann terhadap kawan2 yg kesana, banyak yg terjebak dalam berbagai situasi, sehingga tujuan utama utk belajar jadi buyar dan pulang tanpa hasil yg berarti. Padahal, kasian sekali loh waktu dan biaya yg sudah kalian habiskan utk itu, apalagi yg datang dari jauh, dari luar pulau Jawa misalnya. (Kemudian nunjuk diri sendiri.. -,-? ) Yassalam, jd curcol nih, muup eaa..

Back to the hot thread.. Jadiiii.. yg kesana buat belajar, boleh donk dek Ann kasi pandangan dek Ann sedikit, ga bermaksud menggurui, cuma berbagi. Biar gampang, di poin2 kan saja yak... here we go:

#1: TENTUKAN NIAT YANG JELAS.
Iya sih niat belajar kan ya. Nah, mau belajar apa dulu, soalnya disana itu buaaanyaaak banget pilihannya. Jadi harus tentukan mau belajar apa. Toefl kah, ielts kah, speaking kah, atau english scara umum kah? Kenapa harus jelas?? Karena ini akan memudahkan kita untuk tips berikutnya.

Setelah jelas, tanya pengalaman teman2 yg udah pernah kesana, tanya tentang informasi kursus ataupun program yang sesuai dengan tujuan kita tadi.

Setelah cukup informasi, tentukan pula berapa lama kita akan tinggal di kampung inggris dengan kemampuan yg kita miliki dan prediksi kita bisa meningkatkan kmampuan itu hingga target tercapai. Ini juga penting untuk tips no.2.

Oya, tentukan juga ingin tinggal di kost2an biasa atau di camp (semacam asrama intensif english). Itu bisa disesuaikan dengan program yg mnjadi target kalian.

#2: FOKUS
Nah, tadi udah tau kan mau belajar apa dan berapa lama kita disana, maka selanjutnya yg penting banget adalah fokus. Lakukan sesuai rencana. Macam2 cara untuk fokus, misalnya dengan membuat target per minggu lalu menggantungnya tepat 5 cm di depan..hahaha..ini mah udah kayak film.. :p
Oya selain itu tentukan juga konsekuensi apa kl target ga tercapai dan prestasi apa yg didapat kalo target tercapai.

Pare itu indah, dekat dengan banyak tempat wisata, kalau kita punya cukup dana, rasanya cukup menggiurkan untuk menyumbangkannya ke agen2 wisata. Hehe.
Mulai dari yg bisa dijangkau dengan sepeda; the cheapest one, liburan ke Bromo, Kelud, ataupun keliling kota Malang dengan travel agent, hingga yg pake paket wisata seperti ke Bali.
Cukup bikin kaki mau gerak aja kan rasanya, kapan lagi brooo.. apalagi kalau kita dari jauh. KAPAN LAGI?? hehehe..
Memang benar demikian, kapan lagi. Tapi sekali lagi, saran dek Ann, capai dulu target kalian, kalau bisa hingga kalian cukup kompeten dibuktikan dengan test2 resmi yg ada. Setelah itu, silahkan keliling-keliling sampai pusing n kantong kering, kan target udah tercapai, anggap aja hadiah kerja keras. Ingat tujuan utama belajar bukan jalan2, bukan liburan..jadi yg bukan utama dibelakangin dulu ya.

Hal lain yg membuat fokus jadi terpecah adalah... "iiiih..banyak banget program bagus nih, kan skalian ah belajar, kapan lagi cobaa..coba ambil program B, C, D juga ah"
Nahhh looo..terjerat deh..kalau begini ceritanya mungkin kalian tetap bisa capai target, namun lama. Karna fokusnya banyak, bukan satu. Dan akhirnya jadi makin lama tinggal disana. Oke2 aja sih kalau tidak bermasalah dengan dana, waktu, dan deadline. Saran lagi nih, selesaikan yg tujuan utama, selanjutnya baru coba yg berikut2nya.
Nanya juga ke teman yg udah pengalaman, jika ambil program A, bagus ga kalau didampingi dengan program B, C atau D? Atau malah membuyarkan.

Satu lagi jebakan batman yg bikin gagal fokus, cinlok a.k.a cinta lokasi. Ciyeee yg udah pipinya udah merah kayak kepiting rebus, eaaak eaaak..
Ini nih paling banyak kejadian selama di sana, hingga ada sebuah ungkapan gini: "cinta di Pare itu cuma sebatas gerbang desa Tulungrejo dan Garuda Park atau cuma sebatas gua Surowono sampe alun2" selebihnya kalo udah pulang ke daerah masing2 hilang deh. Tapi ga seratus persen benar jg ni.. :D
Okay, forget it.
Yang mau dek Ann bilang adalah lupakan sejenak soalan yg bisa bikin uring2an dan buat mood belajar timbul tenggelam.
Memang ada jg sih yg bikin motivasi, jd semangat kursus kl ada si doi, iya kalo lagi baikan, kl lagi nggak? Kan hidup ga slamanya di atas, mblo! But, terserah aja sih, it's not my line. Sekali lagi, I just wanna share.

Wow, panjang ya pembahasan fokus ini, ada yg mau nambah??

#3: HEMAT DAN HIDUP SEHAT
Untuk anak rantau, apalagi dari daerah Sumatera dan kalimantan yang notabenenya udah terbiasa dengan harga makanan yg mahal pada awalnya pasti terkejut2 dengan harga makanan di Pare. So, walopun murah jangan jajan keblabasan juga ya.. hemat.. biar hidup sehat n badan ga melar. Salah satu tips biar kita tau sejauh mana udah belanja adalah buat daftar uang masuk dan keluar. Hehehe.. kalo bisa sih sempatkan olahraga, ga cukup cuma gowes2 kursus-kosan. Buktinya dek Ann nih.. naik 5 kilogram.. --''

Jaga kesehatan jg penting karena kita jauh dari keluarga dekat. Ga enak banget deh pokoknya kalau sakit. Paling banter kita punya komunitas atau kawan dekat. Tapi kan mereka juga punya tujuan masing2 kesana n ga selamanya menjaga kita.

#4: JAGA DIRI
Berada di lingkungan orang lain, penting sekali menjaga diri. Jaga kebiasaan baik kita selama di daerah asal dan bersikap baiklah kepada orang lain, semoga kita dimudahkan dlm mncapai tujuan.

#5: PERBANYAK DOA
Last but not least, sebagai orang yg beragama, penting sekali menjaga hubungan dengan Tuhan dimanapun kita berada. Apalagi saat dirantau, dalam Islam disebut musafir, apalagi kita bertujuan mencari ilmu, insyaAllaah doa akan lebih mudah dikabulkan. Nah, tunggu apalagi..berdoalah sebanyak-banyaknya, manfaatkna kesempatan yg ada, n dek Ann titip doa jg donk.. boleh kan ya??^^v

Shadaqah dan membantu orang lain juga bisa menolak musibah datang.

Dan yg paling penting, as a muslim, jaga shalat 5 waktunya... ^^

Daaan.. selamat mengejar cita-cita. Fokus memang susah, namun tak akan pernah menjadi mudah jika tak mau memaksa diri mencoba.
Dek Ann doakan semoga mudah menjalankan hari2nya di sana...aamiiin..
See you on the top! ;)

------------------------------
Pare itu sekilas bagaikan negeri dongeng yang menawarkan berbagai keindahan, silakan pilih mau menulis jalan cerita seperti apa. Pare penuh dengan mimpi anak negeri yg ingin menjadi lebih baik lagi dan banyak orang pintar yg baik hati yg akan membantu mimpi2 itu terwujud, bukan dengan magic, tapi dengan Anda2 yg mau berusaha, man jadda wa jada.


Posted via Blogaway

Comments

  1. Wah,thx atas sharingnya

    Jadi ngingetin aktifitas dulu waktu masih di Kampung Inggris Pare yang kadang lucu, bosen, sedih n mengasyikkan. Pada akhirnya lebih banyak asyiknya sih.

    Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga.. All the best for you too :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja