Dua Usaha

Malam ini dek Ann mau posting yang agak serius dikit ah. Cek sound dulu ya sebelum mulai kajiannya.. Ehm.. Bismillaah..

Manusia itu diciptakan Allah lengkap dengan nafsu, oleh karena itu wajar saja manusia punya banyak keinginan. Nah, ternyata Allah sebagai Sang Khaliq sangat bijaksana mengakomodir keinginan makhluk-Nya tersebut. Selain menciptakan nafsu pada manusia, Allah juga mengajarkan cara agar keinginan-keinginan itu layak dikabulkan-Nya.

Tentu kita sudah tau kalimat Man Jadda wa Jada yang udah makin populer sejak Bang Ahmad Fuadi sukses dengan Negeri 5 Menara-nya. Kita diajarkan untuk berusaha agar keinginan kita tercapai. Banyak usaha yang bisa kita lakukan; kali ini saya ingin mencoba mengkategorikannya ke dalam dua bagian, yaitu usaha horizontal dan usaha vertikal.

Usaha horizontal yang saya maksudkan adalah usaha2 keduniaan dalam rangka memantaskan diri memperoleh keinginan kita. Contoh, saat kita ingin mendapat beasiswa ke luar negeri dengan syarat skor IELTS minimal 6,5, maka usaha horizontal kita adalah dengan belajar materi IELTS, sering scoring, ikut kursus, termasuk juga menyiapkan dana untuk keperluan les dan tes IELTS.

Selanjutnya, sambil berusaha horizontal, ternyata Subhanallaah sekali, Allah menyediakan layanan 24/7 untuk melakukan usaha vertikal. Usaha ini berupa mendekatkan diri kepadanya agar kita bisa lebih mudah mendapatkan keinginan tersebut. Beberapa usaha vertikal yang saya maksud seperti:
-Doa
"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku kabulkan"
Begitulah terjemahan salah satu ayat Allah dalam al-Quran. Maka doa adalah bentuk ciptaan Allah yg mengakomodir cepatnya keinginan kita tercapai. Doa bisa dilakukan kapan dan dimana saja, tentunya dengan memperhatikan adab-adab berdoa. Allah juga telah memberitahu kita melalui Rasul-Nya tentang waktu2 dan tempat2 maqbulnya doa, silakan kembali merujuk kepada hadis2 terkait.
Intinya, ini adalah usaha yang mudah dan gratis, jangan dilewatkan!Hehe

-Shalat Sunat
Selain berdoa, kita bisa menambah usaha kita dengan shalat2 sunat seperti tahajud dan dhuha. Allah telah berjanji bahwa rezeki kita akan lebih lancar dan berkah jika kita rajin mengerjakan kedua shalat tersebut. Selain itu, ada shalat sunat Istikharah jika kita bimbang di antara dua pilihan, ada shalat sunat Hajat jika punya keinginan, dan seterusnya. Poin pentingnya, lakukan dan buktikan khasiatnya! Hehe

-Shadaqah
Dalam beberapa hadis Rasul, maaf saya lupa perawi dan sanadnya, disebutkan bahwa sedekah dapat mencegah bencana dan saat kita bersedekah yang berarti kita membantu meringankan beban orang lain dalam bentuk apapun, maka Allah juga akan meringankan beban kita. So, tunggu apalagi, sisihkan beberapa bagian dari tenaga, pikiran, dan harta kita untuk berbagi, bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain? :D

-Nazar
Usaha ketiga yang masuk kategori usaha vertikal versi dek Ann adalah nazar. Yup, ketika kita hendak mendapatkan sesuatu, kita boleh bernazar, tentunya haruslah nazar yang baik. Jika keinginan terpenuhi, maka nazar wajib dilaksanakan, karena itu adalah janji yang termasuk hutang yang harus dilunasi. Jika keinginan tidak terpenuhi, tidaklah wajib memenuhi nazar. So, saat bernazar, baiknya dicatat dan dijaga dengan baik catatannya agar tidak hilang begitu saja saat pikiran mulai lupa.

-Orang Tua
"Ridhallaahu fi ridhalwaalidaini wa sukhthullaahi fi sukhthilwalidaini" kata sebuah hadis yang artinya keridaan Allah terletak pada keridaan orang tua dan kemurkaan-Nya terletak pada kemurkaan orang tua. So, penting juga meminta kerelaan hati orang tua saat menginginkan sesuatu. Minta dukungan dan doa mereka. Doa orang tua untuk anaknya itu tidak ada hijab, cepat terjawab. Maka saat keinginan tak direstui, jika memang keinginan itu baik, maka bicarakan baik-baik agar orang tua mau mengerti. Masa sih udah segede gini masih susah komunikasi sama emak bapak sendiri? Hehe

Wah, banyak juga ya usaha yang bisa kita lakukan. Islam mengakomodir banyak cara menuju Roma, eh menuju cinta, eh menuju keinginan kita.
Ada tambahan lagi gak ya kira2? Kalo ada silakan komen di bawah ya!

Mau cepat dapat? Lakukan semua! Udah lakukan semua belum dapat2? Coba dievaluasi lagi, udah ikhlas belum lakuinnya...
Udah ikhlas belum dapat juga? Sabar, mungkin belum sekarang.
Udah kelamaan sabarnya? Sabar lagi.. Kalo memang rejeki ga akan kemana, kalo ga rejeki akan ada penggantinya yg lebih baik karena usaha kita sudah maksimal, kalo ga dapat di dunia, insyaAllah akan dapat di syurga, aamiiiin!

Keep struggling and keep positive thinking!

*tulisan ini dibuat bukan untuk menggurui, hanya ingin berbagi dan untuk pengingat diri :)

Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja