Belajar ke Tunisia

Di sore Lebaran Idul Adha kali ini dek Ann akan sedikit bercerita tentang sepupu yang mau ke Tunisia. Sebut saja namanya Mr. F. Dia adik sepupu dek Ann dari sebelah mamak.
Mr. F ini mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Tunisia, somewhere in Africa. Namun untuk settlement pertama Mr.F harus menggunakan biaya sendiri dulu, yah begitulah kalo sudah berurusan dengan beasiswa Pemda. Bersakit-sakit dahulu, senang-senangnya entah kapan.

Selaku kakak sepupu, dek Ann cukup bangga dengan Mr. F. Dia cukup semangat melanjutkan studi sarjananya di Tunisia. Wah keren, sarjana aja udah di luar negeri yak! Saluuuttt.. :)
Hasil wawancara dek Ann dengannya tadi ternyata Tunisia itu kota kecil namun maju pariwisatanya. Letaknya dekat dengan Eropa, wih..bikin ngiler dek Ann lagi nih..pasti asik bisa jeje ke Eropa. Semoga dek Ann bisa nyusul.. Aamiiin..
Mata uang yang berlaku di Tunisia adalah Dinar, tapi katanya Dollar juga banyak beredar.
Bahasa sehari-harinya adalah bahasa Perancis soalnya mantan jajahan negara Eiffel. Mantan ya mantan, tapi ninggalin jejak :D .
Jadinya Mr. F kudu belajar bahasa Perancis biar ga pake bahasa tarzan kalo mau berinteraksi dengan penduduk di sana. Dan katanya sih dia udah les sama senior-senior yang udah duluan kesana. Wah, asik bisa bahasa Perancis.

Perjalanan ke Tunisia lumayan lama, sekitar 13 jam belum lagi dengan transit di Kuala Lumpur dan Turki, exciting enough walaupun harus cape di jalan.

Di sana Mr. F ngambil jurusan tafsir hadis dan kuliah di universitas Islam di sana. Wah, penerus almarhum ayahnya ni, Godspeed ya, dek!

Hijrah dan belajar ke negeri orang adalah hal yang sangat menantang tapi menyenangkan menurut dek Ann yang sedikit pengalaman. Jadi ketika mendengar orang hendak berangkat keluar buat belajar, rasanya senang banget sambil berharap kepada Allah supaya langkah dek Ann juga mudah. Aamiiin ya Rabbiii.

Blang Krueng, 10 Dzulhijjah 1434 H
Selesai ditulis saat senja datang dan azan Maghrib berkumandang. Syahdunyaa.. ~~

Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja