Tradisi Meugang dan Makan Lontong

Hari ini dek Ann sempat mantau Facebook dan Twitter (padahal tiap hari mang itu kerjaan). Dari hasil pantauan dek Ann (serasa John Pantau yang lagi melalukan riset), ternyata teman-teman Aceh yang di perantauan sangat rindu dengan suasana Aceh saat lebaran. Bagaimana tidak, bukan hanya momen kebersamaan dengan keluarga yg membuat rindu, tapi juga adat Aceh tentang masak "Sie Meugang" dan lontong yang biasanya ada di setiap rumah saat bertamu lebaran.

"Sie Meugang" itu sendiri maksudnya adalah tradisi masak daging Sapi (minimal ayam) sehari sebelum puasa, sehari sebelum Idul Fitri, dan sehari sebelum Idul Adha sampai beberapa hari setelahnya (tergantung banyaknya stok yang ada). Daging itu biasa diolah menjadi kuah sop, disambal lado, dan yg mainstream itu diRENDANG sodara2. Ada sih satu khas masakan lagi namanya "Sie Reuboh", tapi dek Ann kurang familiar dengan daging ini karna itu khas nya Aceh Besar, sedangkan dek Ann walopun besar dan tinggal di Aceh Besar, masih menjunjung tinggi adat daerah asal. Hehe.

Nah, masakan rendang Aceh itu memang rasanya top markotop dah. Saat lebaran pun biasanya dipadu dengan lontong sayur, beuh.. Pecah sedapnya!
Hal unik seperti inilah yang membuat para anak kost di luar Aceh galau. Hehehe. Selain kangen keluarga, kangen duo masakan ini sungguh terlalu membuat makin rindu.

Kemudian dek Ann berpikir, kalo kemudian dek Ann jd anak kos juga dan suatu saat harus mengalami nasib yg sama, apa yg harus dek Ann lakukaan? Kayaknya dek Ann mesti segera belajar masak rendang, kuah sop, sama daging balado. Kalo lontong sih kangen tapi ga terlalu soalnya setiap lebaran, di rumah ga pernah ada lontong. Hehe
Ntar kalo dek Ann udah jago masak menu2 td, minimal kalo mengalami kisah anak rantau yg miris itu, setidaknya bisa sedikit dikurangi level mirisnya. Hihihi

Selamat lebaran kawan2 dirantau!

Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja