Diundang Acara Pelepasan Jamaah Haji, Bawa Apa?

Beberapa hari belakangan, televisi dan media pemberitaan lainnya banyak menayangkan soal jamaah  haji. Jika punya teman dekat yg akan berangkat, tentu beberapa dari kalian sudah diundang untuk acara pelepasan jamaah haji. Dek Ann salah satunya. Dek Ann punya teman dekat di MTsN dulu, namanya Ina. Di usianya yang baru saja mencapai 23 her age (vickynisasi), dia akan segera menyempurnakan rukun Islam yang kelima itu.
Sudah menjadi kebiasaan di Aceh, sebelum berangkat menuju tanah suci, beberapa keluarga membuat acara pelepasan dimana kita bisa menyambung lagi silaturrahmi dngan kerabat dan sahabat dekat sembari saling memaafkan.

Hari ini, dek Ann akan menuju rumah Ina. Namun ternyata selaku wanita yang masih muda imut2 dan kurang pengalaman, bingung juga nih mau bawa apa. Soalnya kalo ada kenduri gitu biasanya kita bawa semacam buah tangan utk pemilik rumah.

Ting! Akhirnya dek Ann nge-sms mamaknya. Kata mamak dek Ann ada dua tipe silaturrahmi utk pelepasan jamaah haji, pertama si pemilik rumah membuat semacam kenduri makan-makan sehingga kita dapat undangan sedangkan yang satunya lagi adalah inisiatif kita sendiri untuk ke rumah relasi yang akan segera bertolak ke Tanah Haram.

Untuk tipe 1, kalian bisa membawa kado, amplop (isinya uang ya bukan amplop kosong), atau gula. Sedangkan untuk yg kedua bisa bawa angpao atau kado.

Nah, untuk uang dan gula seikhlasnya aja lah. Untuk kado nih tergantung gimana dekat atau nggaknya kita sama teman yg akan berangkat. Isi kado bisa berupa sarung, jilbab, mukena, atau barang2 yg bisa berguna untuknya selama ibadah di sana.

Gimana? Udah tau mau bawa apa kan? Segini aja dulu ya, semoga ada manfaatnya. Dek Ann nya mau berangkat ke rumah Ina dulu.. Dadaaah :*

PS: semoga Ina dan seluruh jamaah haji tahun ini diluruskan niat ibadahnya sehingga bisa menjadi haji mabrur. Semoga yang ingin segera kesana bisa cepat nyusul. Aamiiiin.

Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja