Mau Dibawa kemana 50 Ribunya?

Adalah teman saya sebut saja namanya Nanda.. Dia pernah meminjam sejumlah uang dari saya dan ketika mengembalikannya dia melebihkan 50 ribu rupiah.. Eits, ini bukan riba bukan pula hadiah, soalnya kelebihan itu bukan buat saya, melainkan diminta untuk mentraktir adik saya.
Sudah beberapa hari saya bingung memikirkan traktiran apa yang paling bagus untuk adik saya. Saya tidak mau hanya traktiran biasa, setidaknya adalah kesan yang lebih bermanfaat. Sempat terfikir untuk membeli makanan kesukaannya sekaligus sebuah buku cerita. Tapi kok kayaknya saya belum punya waktu untuk keliling toko buku. Hasil jalan-jalan ke bazar kemarin juga ga nemu buku yang menarik untuk bocah seusia dia.
Akhirnya kemarin malam, saya nanya ke adik, "Dek, kalo tiba2 dikasih uang 50rb, mau dipake buat apa?"
Saya pinginnya dia bisa kritis dan berfikir cerdas. Mulanya dia jawab untuk disimpan dan jawaban2 lain yg agak umum dan kurang memuaskan saya sebagai juri (loh,ini lomba apa giveaway atau gimana sih? :p)
Kemudian saya memberikan clue yg agak spesifik, saya mengharuskan dia menjawab dengan jelas. Setelah berpikir beberapa detik, dia menjawab : "Oya, mau adek sumbangin buat qurban di sekolah, jd ga perlu minta uang mamak lagi"
Aha, saya rasa jawaban kali ini cukup memuaskan saya. Akhirnya saya minta ia untuk berkomitmen dengan kata-katanya baru kemudian memberikan uang 50rb sambil menjelaskan asal-muasalnya. Setelah itu rasanya lega sekali, tidak ada lagi utang, amanah sudah dijalankan. ^_^


Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja