Pak Adiwarman A. Karim

Mengikuti seminar adalah hal lama yang sekarang menjadi bertabur nuansa baru setelah saya menggeluti dunia kerja yang sekarang. mengikuti seminar adalah hal yang harus sering saya lakukan baik untuk menambah ilmu pengetahuan maupun menambah sertifikat yang dianggap penting. Alhasil, dalam beberapa bulan belakangan saya sudah seringkali mengikuti seminar, terutama yang bertemakan dengan perekenomian Islam.

Latar belakang saya bukanlah sekolah keislaman, akan tetapi sekarang saya bekerja di institusi yang bertemakan Islam sehingga saya sering terlibat dengan seminar-seminar terkait. Dari salah satu seminar itulah saya mengenal Pak Adiwarman A. Karim dan saya langsung jatuh hati. Pemaparan beliau sebagi seorang ahli cukup singkat namun memuat poin-poin penting yang kemudian menyadarkan saya tentang identitas syariah dan Indonesia yang sebenarnya. Terlepas dari cara beliau menarik audiens untuk ikut terlibat yang memang saya akui cara tersebut sangat efektif, beliau sendiri tanpa cara yang demikian memang sudah mampu menarik peserta seminar untuk fokus. Bahasa yang beliau gunakan cukup mudah untuk diserap oleh semua kalangan dan pengetahuan beliau juga luas.

Hari ini saya mengikuti seminar yang kedua yang juga menghadirkan beliau sebagai narasumber. Kali ini saya sangat antusias karena saya sudah "mengenal" beliau. Saya jadi sedikit berandai-andai jikalau saya mengenal beliau lebih dulu tentu saya tidak akan pernah melewati setiap acara di Banda Aceh yang menghadirkan beliau. 

Bagi saya, beliau adalah role model baru yang patut dicontoh. Banyak suri teladan yang saya pelajari dari hanya dua kali mengikuti seminar beliau. Beliau mengajarkan bagaimana dengan ilmu dan pengetahuan yang luas kita bisa bangkit ditambah dengan kesadaran sejarah yang mumpuni untuk mencintai negeri dan Islam. Kemudian juga beliau telah memberikan pandangan baru bagi saya untuk menjadi seorang pemateri itu tidaklah harus kaku, lebih baik menyatu, materi yang disampaikan bisa dimengerti dan tak mesti harus banyak, serta lebih menarik lagi jika ditambah dengan hal lain di luar materi yang menarik audiens. Beliau juga menurut penilaian saya bukanlah orang yang sombong, beliau rendah hati dan ramah tapi dengan sikap begitu beliau tetap disegani dan dinanti-nanti kehadirannya.

Ah, sungguh saya kini tak bisa tak lagi kagum pada sosok beliau. Semoga akan ada Adiwarman lainnya yang juga cerdas dan peduli pada bangsa. Dan semoga beliau senantiasa dalam ridha Allah dan diberikan umur panjang dan bermanfaat. 


Comments

Popular posts from this blog

Ngopi Penuh Sensasi

5 Langkah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Banda Aceh

Hari Pertama Kerja